Membuat Halaman Contact Us / Form Kontak di Blog

Haloo.....

Assalamualaikum......

Pada kesempatan kali ini saya mencoba berbagi mengenai cara membuat "Contact Us" atau biasa blogger menulisnya "Hubungi saya" atau ada juga yang menulisnya "Kontak Saya" pada laman mereka. awalnya saya mengira hal itu merupakan hal yang sulit, dalam benak saya sudah berpikir......
wah ini harus paham kode HTML, harus punya hosting dan sebagainya.

ternyata setelah saya coba ulik-ulik sana sini dan googling kesana kemari, saya menemukan satu situs yang menyediakan pembuatan laman "Contact Us" secara gratis, dan membuatnya pun saya rasa cukup mudah, terutama untuk blogger pemula seperti saya, oh iya sampe lupa ini dia situsnya :
www.123contactform.com

Kenapa sebuah blog harus memiliki "Contact Us"......???
sebenarnya tidak harus, tapi alangkah baiknya sebuah blog memiliki sebuah "Contact Us" atau "Contact Form" pada blog anda, hal ini dapat mempermudah para pengunjung blog anda untuk menghubungi anda secara langsung, membuat antara pengunjung dan penulis menjadi dekat, hal ini akan membuat blog anda akan lebih bersahabat dengan para pengunjung.

baiklah disini akan saya bagikan tutorial bagaimana cara membuat "Contact Us" untuk blog anda :

1. Buka/Kunjungi www.123contactform.com

jika anda belum mendaftar maka daftar dulu, klik saya yang Basic / Gratis, isi dan lengkapi kolom pendaftaran dengan lengkap, setelah anda log in di 123contactform.com akan terbuka laman seperti berikut :



  • Buatlah Form kontak sesuai keinginan anda pada menu BASIC FIELDS, tinggal klik pada menu di samping yang sudah saya beri tanda, anda bebas untuk menambahkah apa saya, tapi ingat jangan membuatnya terlalu rumit, buatlah agar mempermudah pengunjung untuk menggunakannya.


Berikut contoh Form Kontak yang sudah saya buat, dan ini juga saya terapkan pada blog saya ini :



  • yang saya beri tanda kurung merah adalah contoh yang sudah dibuat
  • jika anda merasa sudah beres melakukan pengaturan pada menu BASIC FIELDS kita lanjut ke menu SETTINGS
  • Klik menu SETTINGS dan atur notifications anda
  • jika anda ingin notif menggunakan email, masukan email anda pada garis merah yang saya beri tanda (biasanya email anda sudah tertera di sana)
  • kemudian klik tombol Save di atas pojok kanan
  • selanjutnya klik menu PUBLISH di samping menu SETTINGS



  • setelah anda klik menu PUBLISH akan muncul laman seperti gambar di atas
  • klik Blogger (Panah No.2)
  • kemudian Copy code HTML, klik "Copy Code" (Panah No.3)
untuk memasang "Contact Us" pada blog anda, silakan login dulu ke akun blog anda, klik menu LAMAN, dan buat Laman Baru :



  • jangan lupa klik mode HTML (Panah No.1)
  • Copy Paste Paste kode tadi
  • beri Judul "Contact Us" atau "Hubungi Kami" atau apa yang anda inginkan (tanpa tanda petik ya)
  • Terakhir klik Publikasikan (Panah No2)
  • Selesai, silakan liat hasilnya pada blog anda


Selamat mencoba.......

Semoga Bermanfaat......

Jangan lupa kritik dan sarannya ya........ hehe

Wassalam......

1 Response to "Membuat Halaman Contact Us / Form Kontak di Blog"

  1. Wow keren kak semoga selalu jaya artikelnya. Perkenalkan saya dwni oktariyanto 1622500081 dan jangan lupa kak mampir ke website kita http://atmaluhur.ac.id

    ReplyDelete

silakan :)